Kemilau HUT ke-33 Tahun, FIFGROUP Tanam 3000 Pohon di Mandalika

Penyerahan pohon secara simbolis menyambut Kemilau HUT FIFGROUP ke-33 tahun. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-PT Federal International Finance (FIFGROUP), salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk sekaligus bagian Astra Financial menggelar kegiatan FIFGROUP Hijaukan Bumi tahap 2.

Sebanyak 3.300 bibit pohon ditanam di sejumlah lokasi, termasuk di Mandalika, Lombok Barat, Sabtu (19/2/2022). Ini merupakan rangkaian peringatan Kemilau Hari Ulang Tahun FIFGROUP ke-33 tahun.

Dengan kegiatan ini, FIFGROUP berinisiatif untuk turut mendukung pemerintah dalam upaya menghijaukan dan mempromosikan wisata Indonesia, melalui sarana dan prasarana dengan
menanam sebanyak 1.000 bibit pohon di lokasi berlangsungnya event olahraga World
Superbike dan seri penutup MotoGP.

Sebanyak 250 pohon dengan rincian 50 pohon ketapang kencana, 50 tabebuya dan 150
pucuk merah akan ditanam di Bundaran Labulia Jl. Bypass Bandara International Lombok,
Desa Labulia, Kecamatan Jonggat sejauh 1 km.

Ini merupakan jalan yang menghubungkan Bandara International Lombok Zainuddin Abdul Madjid menuju Sirkuit International Mandalika. Sedangkan 750 pohon mahoni akan ditanam di Kawasan Hutan Desa Pusuk, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

Penanaman pohon di lokasi tersebut dihadiri Kepala Wilayah FIFGROUP Area Nusa
Tenggara Yudha Satri, Kepala Cabang FIFGROUP Lombok Barat I Putu Budhi Yadnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kadis DLHK) NTB Ir. Madani Mukarom BScF.MS.i, Kepala SMK Pertanian Pembangunan Negeri Mataram Sugiarta, Kapolsek Jonggat IPTU Bambang Sutrisno dan Kepala
Desa Labulia Muhajat.

“Kami sungguh berterima kasih kepada FIFGROUP, atas upaya yang dilakukan dalam mendukung pelestarian lingkungan di daerah Lombok Barat ini melalui penanaman 1.000 pohon. Kedepannya kami berharap apa yang telah dilakukan ini juga dapat memberikan nilai tambah dari segi pemandangan supaya semakin indah seraya menyambut kedatangan para wisatawan menuju sirkuit Mandalika,” ujar Madani Mukarom.

Nama Mandalika diambil dari legenda atau cerita rakyat yang terkenal. Dirinya merupakan
seorang putri cantik dari tokoh suku Sasak terkemuka dan pesonanya menghipnotis semua
lelaki, bahkan hingga luar Lombok.

Sampai suatu ketika Putri Mandalika kewalahan menerima banyak pinangan dan memutuskan untuk menenangkan diri dengan bersemedi. Alih-alih memilih satu lamaran, ternyata putri jelita tersebut justru menghempaskan badannya ke dalam gulungan ombak Pantai Seger dan menghilang tanpa ada jejak.

Uniknya, setelah sang putri menghilang, Pantai Seger kemudian dipenuhi oleh cacing laut berwarna- warni. Masyarakat lokal pun mempercayai cacing laut itu sebagai bentuk lain dari Putri Mandalika.

Lebih dari 113.000 pohon sampai akhir tahun 2022
Penanaman pohon tahap 1 sampai tahap 10 bertajuk “FIFGROUP Hijaukan Bumi”. Pada tahap 2 masing-masing titik lokasi menanam berbagai macam pohon sebagai berikut: Batam sebanyak 300 bibit yang terdiri dari asam jawa, pulai, mahoni, medang dan durian.

Untuk Pekanbaru, sebanyak 250 bibit terdiri dari durian, lalu Sanggau sebanyak 500 bibit pohon yang terdiri dari belian, durian, pete dan jengkol.

Tahun 2021, FIFGROUP telah menanam 8.498 pohon di 62 titik, di mana 4.500 di antaranya adalah pohon endemik yang dilakukan serentak di 55 titik se-Indonesia dan mendapatkan penghargaan Museum MURI sebagai “Penanaman Pohon Sejenis Serentak di Lokasi Terbanyak (Pohon Ketapang)” dan 3.998 lainnya adalah pohon langka.

Dari tahun 2011 sampai Mei 2021, FIFGROUP sudah menanam 80.564 pohon dan akan mencapai lebih dari 113.000 pohon pada akhir 2022. FIFGROUP berupaya untuk dapat terus berkontribusi secara berkesinambungan dalam menjaga dan memelihara alam serta lingkungan. (*)

Penulis: Boy Surya Hamta
Editor: Boy Surya Hamta

10 / 100
banner 325x300