Nias Selatan Diguncang Gempa M 6,9, Getaran Terasa ke Sumbar

BMKG mencatat kekuatan gempa mencapai M 6,9. (Foto: Istimewa)

PADANG, FOKUSRIAU.COM-Gempa dengan magnitudo 6,9, Senin (14/3/2-22) sekitar pukul 04.49 WIB mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut).

Pusat gempa berada di 161 kilometer tenggara Nias Selatan dengan kedalaman 25 kilometer dengan titik koordinat 0.71 LS-98.50 BT pada kedalaman 25 Km. BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Meski demikian, getaran yang ditimbulkan terasa ke sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Sumbar). Getaran terasa ke Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang. Warga yang sedang tertidur langsung bangun dan berhamburan keluar rumah.

“Gempanya makin lama makin kuat. Awalnya tidak begitu kuat tapi lama-lama kuat dan terpaksa keluar rumah karena dinding sudah bergetar,” kata salah seorang warga Putri (24), Senin pagi.

Putri mengaku, getaran gempa cukup lama sehingga membuat lemari, meja dan benda lainnya bergetar. “Dinding rumah juga bergetar dan saya lari ke luar rumah,” ujarnya.

Getaran gempa juga dirasakan di Kota Padang dan membuat warga terbangun. “Saya terbangun karena ada getaran itu. Cukup kuat dan saya lari keluar rumah,” kata Joni (36).

Joni mengaku sangat waspada terhadap gempa sebab gempa sudah membuat kerusakan di Pasaman dan Pasaman Barat beberapa waktu lalu. “Saya selalu waspada. Ada gempa yang kuat, saya mencari daerah yang aman dan keluar dari rumah,” kata Joni. (*)

Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com

6 / 100
banner 325x300