Baguskah Minum Air Putih Sebelum Makan? Simak Penjelasanya!

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Di antara kita mungkin memiliki kebiasaan minum air putih sebelum makan. Setiap kali makan siang, makan malam dan waktu makan lain, selalu minum air putih.

Lantas, baguskah kita minum air putih sebelum makan? Menurut situs Health Line, air putih yang diminum sebelum makan bisa menggelontor cairan lambung yang berguna untuk pencernaan.

Proses itu akan membuat makanan di lambung tak tercerna dan akibatnya bisa menimbulkan heartburn dan juga meningkatnya asam lambung.

Jadi, lambung bisa mengetahui kapan kita akan makan, mungkin dari kebiasaan dan mungkin juga dari perintah otak yang menyebutkan bahwa kita sudah lapar.

Nah, ketika kita akan makan, maka lambung akan mengeluarkan cairan lambung tadi. Kalau dilibas dengan air putih sebelum makan, tidak ada cairan lambung yang bisa memecah makanan yang masuk ke sana.

Lebih lanjut, menurut artikel di Health Line juga, dengan menumpuknya makanan di lambung juga bisa menaikkan kadar gula darah. Ketika makanan tidak dicerna dengan sempurna, maka glukosa yang ada di makanan lantas akan disimpan sebagai lemak.

Dan, itu bisa menyebabkan meningkatkan insulin yang bisa menaikkan kadar gula darah. Namun cairan lambung atau digestive juices, menurut Health Line, hanya akan terlarut jika Anda minum satu atau dua gelas air sebelum makan. Itu terlalu banyak.

Kalau hanya seteguk, nah itu tidak masalah. Kemudian kalau Anda tetap ingin minum dalam jumlah banyak sebelum makan, maka lakukanlah sekitar 30 menit sebelum menyantap makanan demi membantu pencernaan.

Begitu pula, minum segelas lagi 30 menit setelah makan, karena itu bisa membantu tubuh untuk menyerap nutrien dengan baik.

Bisa menurunkan berat badan
Ada literatur lain yang menyebut bahwa minum satu gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan.

Sebuah artikel berjudul “3 Reasons Why You Should Drink a Glass of Water Before Each Meal” dari situs Self menyebut, minum air putih sebelum makan bisa membuat kita mengonsumsi lebih sedikit kalori dari makanan yang kita santap.

Dengan kata lain, kita akan makan lebih sedikit. Itu disebabkan karena air membuat kita sudah kenyang lebih dahulu, sehingga tidak butuh lagi makan lebih banyak.

Selain itu, minum satu gelas air bisa membuat kita mengurangi makanan hingga 100 kalori. Tapi, dengan syarat kita minum satu gelas air 30 menit sebelum makan, ya. Alasannya sudah dijelaskan tadi. (kps/bsh)

5 / 100