Ikan Toman, Dikenal Buas Tapi Kaya Kandungan Gizi

Meski dikenal sebagai salah satu ikan buas asli Indonesia, namun berbagai kandungan gizi ikan toman bisa dinikmati oleh manusia. (Foto: Kangjamal.com)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Ikan toman atau Channa micropeltes merupakan salah satu jenis ikan buas. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan perairan sungai, rawa, parit dan danau.

Namun, siapa sangka kalau ada banyak kandungan gizi ikan toman yang bisa dimanfaatkan. Di Indonesia, ikan toman populer dan banyak tersedia di Riau dan Kalimantan Barat.

Belakangan, banyak penelitian yang menemukan berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif dalam ikan toman. Menukil laman Universitas Airlangga, ikan ini diprediksi memiliki kandungan protein yang tinggi.

Tak cuma itu, ikan toman juga disebut kaya akan albumin. Nama terakhir merupakan jenis protein penting bagi manusia. Kandungan albumin pada ikan akan semakin tinggi seiring berat atau ukuran ikan.

Kandungan gizi ikan toman lainnya adalah berbagai asam amino esensial dan asam lemak esensial. Misalnya saja seperti asam linoleat dan asam arakhidonat.

Dalam sebuah penelitian, ikan toman ditemukan memiliki beberapa jenis asam amino seperti, threonine, valine, methionine, L-leusin, fenilalanin, histisin, lisin, arginin, asam aspartat, serin, glutamat, glisin, alisin dan tirosin.

Selain itu, daging ikan toman juga terbukti mengandung banyak mineral seperti seng, zat besi, kalium dan kalsium.

Beberapa penelitian menemukan, konsumsi ikan tomat penting dalam berbagai perawatan medis seperti mempertahankan tekanan osmotik hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak cuma itu, ikan toman juga kerap dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah operasi.

Demikian beberapa kandungan gizi ikan toman yang dapat diketahui. Untuk mendapatkan manfaatnya, olah ikan toman dengan cara yang aman. (bsh/cnnindonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *