INGAT!! Jangan Peras Jeruk Nipis ke Mangkuk Soto Panas, Kenapa?

Sesungguhnya memeras jeruk nipis ke semangkuk soto ayam panas adalah cara yang salah. (Foto: Brett_Hondwo/Pixabay)

JAKARTA, FOKUSRIAU.COM-Perasan jeruk nipis ke dalam semangkuk soto memang menyegarkan. Tapi, siapa sangka bila tindakan tersebut ternyata bisa menghilangkan kandungan nutrisinya?

Perasan jeruk nipis memang bisa menambahkan cita rasa sebuah hidangan. Namun, bukan berarti Anda bisa sembarang peras.

Faktanya, mengutip Times of India, memeras lemon ke dalam makanan panas bisa menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan.

Salah satu pasalnya adalah kandungan nutrisi vitamin C pada lemon yang menurun saat bertemu dengan sajian panas. Hal ini terjadi karena vitamin C diketahui sangat sensitif terhadap panas.

Menghilangnya nutrisi dalam vitamin C akibat paparan panas terjadi adanya asam askorbat. Asam askorbat merupakan salah satu senyawa yang ada pada vitamin C. Senyawa ini diketahui responsif terhadap suhu dan cahaya.

Asam askorbat terdegradasi dengan cepat saat bertemu dengan paparan suhu tinggi. Hal ini akan menurunkan nutrisi yang dimiliki.

“Kandungan vitamin C dalam buah jeruk apa pun sangat peka terhadap panas,” ujar ahli gizi Namita Nadar, mengutip Food NDTV yang dilansir FokusRiau.com dari CNNIndonesia.

Alhasil, saat buah jeruk jenis apa pun, termasuk lemon, dimasukkan ke dalam makanan panas yang masih mengepul, bahan kimia yang ada di dalamnya akan hancur total. Kondisi ini, lanjut Nadar, akan menghasilkan efek negatif dari vitamin C.

“Jadi sebaiknya tambahkan perasan lemon ke dalam makanan dalam suhu normal,” ujar Nadar. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *