Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simatrik, Bupati Afrizal Sintong Beri Apresiasi

Bupati Afrizal Sintong. (Foto: Istimewa)

ROKAN HILIR, FOKUSRIAU.COM-Bupati Afrizal Sintong membuka sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis web Sistem Informasi Kerja Sama Media Secara Elektronik (Simatrik). Sosialisasi diikuti ratusan wartawan media cetak, elektronik dan online, Senin (6/2/2023) di salah satu hotel di Bagansiapiapi.

Sosialisasi dihadiri Sekda Fauzi Efrizal, Kadiskominfotik Indra Gunawan dan kalangan wartawan.

Ketua pelaksana sosialisasi sekaligus Kadiskominfotik Indra Gunawan menyampaikan terima kasih kepada bupati yang langsung membuka sosialisasi penggunaan aplikasi Simatrik.

Indra menyebut, media massa memiliki peran secara dinamis dalam proses demokrasi, terutama menjembatani pendapat publik melalui jejaring sosial yang tersebar secara masif dan sebagai menyambung informasi antara pemerintah dan masyarakat.

Sehingga kerjasama antara media massa dengan pemerintah merupakan hal yang sangat perlu dilakukan.

“Dari segi perkembangannya, media massa saat ini sangatlah besar dan sangat pesat. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa semakin banyaknya media-media yang bermunculan maka daya saing juga semakin meningkat. Sehingga, berdampak pada ketatnya penyaringan terhadap media yang akan bekerjasama, ” katanya.

Karena itu, kata Indra, Diskominfotiks mencoba menjawab persoalan tensebut dengan menyediakan apllkasi berbasis web, Sistem Informasi Keriasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2.0 yang merupakan perkembargan dari versi sebelumnya.

Dengan memanfaatkan perkembargan teknologi informasi terkini, saat ini dapat tempermudan perusaharan pers untuk mendaftarkan medianya yang akan Kerjasama dengan Pemda Rahil dan sebaliknya Pemda Rohil juga akan lebih mudah dalam menyeleksi media yang akan kerja sama.

Sementara itu, Bupati Afrizal Sintong mengapresiasi Aplikasi Simatrik tersebut. Sebab aplikasi ini merupakan inovasi dalam pelayanan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan para media massa serta wujud nyata reformasi birokrasi berbasis teknologi informasi.

“Saya berharap kehadiran Aplikasi Simatrik ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua pihak baik bagi perusahaan pers dan tentunya Dinas Kominfotiks sebagai perpanjangan pemerintah daerah dalam menjalin kerjasama dengan media,” kata bupati.

Dengan adanya aplikasi Simatrik ini, tentunya pemerintah akan lebih selektif dalam memilih media yang berkompeten untuk menjalin kerjasama.

“Karena sama-sama kita maklumi perkembangan media saat ini sangatlah pesat. Sehingga banyak media-media yang bermunculan, maka selektifitas dalam memilih media yang akan bekerjasama itu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, ” tukasnya. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *