7 Hektare Lahan di Kampar Riau Terbakar, Ini Penyebabnya!

Prajurit TNI bersama BPBD dan warga memadamkan api karhutla di Desa Koto Ranah, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu (16/9/2023). (Dok. Koramil 13/Koto Kampar)

KAMPAR, FOKUSRIAU.COM-Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Desa Koto Ranah, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu (16/9/2023).

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Koto Kampar, Kodim 0313/KPR, Sertu Halomoan Lubis menyebut, api belum bisa dikendalikan sampai sabtu sore kemarin.

“Kebakaran terjadi pukul 13.00 WIB setelah dilaporkan masyarakat kepada kita. Kemudian kita bersama tim BPBD Kampar langsung ke lokasi melakukan pemadaman dibantu warga setempat. Hingga sore (Sabtu) tadi api masih belum bisa dikendalikan,” ujar Halomoan.

Menurutnya, lokasi terbakar merupakan lahan perkebunan karet dan ada juga lahan yang baru dibuka. Diperkirakan, luas lahan yang terbakar sekitar 7 hektare. “Diduga kebakaran terjadi akibat pembukaan lahan dengan cara dibakar,” ujar Halomoan.

Proses pemadaman dilakukan petugas dengan peralatan seadanya, yaitu menggunakan kayu. Kebakaran lahan tanah mineral itu memicu asap yang cukup tebal di sekitar lokasi.

“Asapnya cukup parah yang juga menyulitkan pemadaman,” kata Halomoan sembari mengimbau masyarakat agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *