News  

Inilah Nama-nama Jenderal Calon Pengganti Kapolri Idham Azis

Ilustrasi. (Foto: Medcom)

JAKARTA-Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis awal 2021 akan memasuki masa pensiun. Jelang masa pensiun, sejumlah nama-nama pengganti yang akan menempati posisi Kapolri mulai bermunculan.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane menyebut, pemilihan calon Kapolri harus dipilih dari kepangkatan tertinggi, yaitu jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Komjen adalah jabatan yang satu level di bawah jabatan Kapolri yang berpangkat bintang empat. Dengan kata lain, saat ini ada 14 personel Polri berpangkat Komjen yang berpotensi menjadi pengganti Kapolri Idham Azis.

Namun, menurut Neta, tidak semua jenderal bintang tiga tersebut bisa melaju sebagai calon Kapolri. Pasalnya, ada 3 Komjen yang akan memasuki masa pensiun menjelang suksesi Kapolri. Ketiganya mulai pensiun November, Desember dan Januari 2020 mendatang.

“Hanya beberapa saja yang bisa ikut bursa, sisanya tidak bisa ikut karena karena memasuki masa pensiun,” kata Neta saat dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020).

Ketiga Komjen yang akan pensiun adalah Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Sekjen Kementerian KKP Komjen Antam Novambar dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjarnardi.

Dengan tiga orang jenderal bintang tiga pensiun, otomatis tiga perwira tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) akan naik menjadi Komjen. Dari sejumlah nama yang beredar, memang ada tiga jenderal bintang dua yang menguat untuk naik pangkat menjadi Komjen menjelang suksesi Kapolri.

Mereka disebut juga akan ikut bersaing dalam bursa calon Kapolri mendatang. “Siapapun jenderal bintang dua Polri yang naik menjadi bintang tiga tentu berpeluang untuk masuk dalam bursa calon Kapolri,” ulasnya.

Tiga jenderal bintang dua yang memang selalu disebut bakal naik pangkat Komjen menjelang pergantian Kapolri sekaligus dikaitkan sebagai calon kandidat kuat pengganti Idham Azis, semuanya menjabat sebagai Kapolda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *