Sembilan Titik Panas Terpantau di Riau, Terbanyak Berada di Meranti

oleh -531 views
Sembilan titik panas terpantau di Riau. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Selasa (9/2/2021) mencatat kemunculan sembilan titik panas atau hotspot di sejumlah daerah di Riau.

Titik panas terbanyak berada di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak tiga titik, Indragiri Hulu dan Dumai masing-masing dua titik, Bengkalis dan Siak masing-masing satu titik.

Selain di Riau, titik panas juga terpantau di Bangka Belitung dengan sembilan titik, Bengkulu tujug titik, Sumatera Selatan dua titik, Sumbar, Kepri dan Lampung masing-masing satu titik.

“Potensi hujan dengan intensitas ringan masih terjadi di sebagian wilayah di Riau,” ujar Forecaster On Duty Putri Santy S, Selasa pagi di Pekanbaru.

Sepanjang Februari sampai Maret 2021 akan menjadi musim kering pertama tahun ini. Sementara bulan April nanti, curah hujan akan kembali muncul di Riau.

Di sisi lain, BMKG juga menyampaikan prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah Riau yang cerah berawan. Pagi hari, cuaca cerah berawan hingga berawan, tidak ada potensi hujan.

Kondisi tersebut akan terjadi hingga siang harinya. Pada sore dan malam hari, cuaca masih cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar dan Kuantan Singingi.

Sedangkan pada dini hari cuaca juga masih cerah berawan hingga berawan, hanya saja tidak ada potensi hujan.

Suhu udara masih pada kisaran 23.0 hingga 33.0 °C, dengan kelembapan udara pada 55 hingga 97 persen. Sedangkan arah angin berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan 05 – 36 km/jam. Tidak ada peringatan dini dari BMKG bagi masyarakat soal potensi hujan lebat maupun angin kencang, serta petir. (*)


Sumber: TribunPekanbaru

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *