Pemkab Inhu Susun Program Strategis Pembangunan Daerah 2021-2026

Rapat konsultasi berlangsung secara daring. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Pemerintah Kabupaten Inhu, Riau tengah menyusun kajian lingkungan hidup strategis rencana pembangunan jangka menengah daerah (KLHS RPJM) tahun 2021-2026. Saat ini, pembahasan sudah memasuki masa konsultasi publik tahap II dan berlangsung secara daring, Selasa (13/7/2021) di Kantor Bupati.

Sekda Hendrizal pada kesempatan itu menyampaikan, penyusunan KLHS RPJM untuk mendukung pencapian tujuan pembangunan berkelanjutan di Inhu. Karena KLHS RPJMD berisikan analisis sistimatis, menyeluruh dan partisipatif yang akan menjadi dasar dalam mengintegrasikan tujuan pembangunan berkerlanjutan 2021-2026 mendatang.

KLHS RPJMD yang disusun difokuskan pada pencapaian target TPB dan mengakomodir semua isu strategis mencakup lingkungan hidup, ekonomi, sosial, hukum dan tata kelolah.

 “Karena itu, konsultasi publik tahap II ini diharapkan bisa diikuti seluruh stakeholder agar bisa saling melengkapi dan penyusunan KLHS RPJMD terlaksana dengan baik dan tuntas tepat waktu,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu, Syaful Bahri melalui Kabid Penataan dan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Joni Maeyanto mengatakan, konsultasi publik tahap II menghadirkan narasumber dari UNRI yang memaparkan soal pembahasan validasi dokumen RPJMD dari  hasil pengelolaan data.

“Dokumen penyusunan KLHS RPJM akan menjadi gambaran bagi Badan Pencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dalam membuat program pembangunan di Inhu,” katanya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

Tentang Penulis: Boy Surya Hamta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *