10 Titik Api Terdeteksi di Pelalawan, Ada Hotspot Muncul di TNTN

oleh -0 views
Ilustrasi pemantauan kondisi cuaca di BMKG. (Foto: Istimewa)

PELALAWAN-Sepuluh titik panas atau hotspot terdeteksi di Kabupaten Pelalawan, Riau. Berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, hotspot tersebut tersebar di beberapa kecamatan.

Secara rinci, empat titik panas muncul di Kecamatan Pelalawan, tiga titik di Teluk Meranti, kemudian Bandar Petalangan, Kuala Kampar dan Langgam masing-masing satu titik.

Meski demikian, hotspot yang terdeteksi belum tentu menjadi titik api atau fire spot. Untuk itu perlu pengecekan langsung ke lokasi oleh tim di kecamatan.

“Dari 10 hotspot yang muncul hanya satu titik yang tingkat confidence rendah. Sedangkan 9 titik lagi tingkatnya sedang. Tapi belum tentu sebagai titik api,” terang Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Ahmadi, Senin (19/07/2021).

Dikatakan, tim kecamatan yang telah mendapatkan laporan hotspot diminta untuk melakukan pengecekan ke lokasi berdasarkan titik koordinat titik panas tersebut.

Hal ini untuk memastikan tidak adanya titik api yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. Jika api muncul, tim kecamatan segera melakukan pemadaman. “Tim kecamatan sejauh ini belum melaporkan hasil pengecekannya,” tambah Ahmadi.

Menurutnya, titik api sempat muncul di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui pada Minggu (18/7/2021) kemarin.

Sebelumnya, api sempat terpantau di lokasi yang masuk wilayah Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Tim kecamatan melibatkan berbagai instansi, termasuk perusahaan swasta langsung melakukan pemadaman.

Setelah api dipastikan padam, tim meninggalkan lokasi. “Api sudah padam dan tidak ada lagi asap. Tim di kecamatan langsung beraksi dan menanggulangi Karhutla yang timbul,” tukasnya.

Hari Senin ini masih ada potensi terjadinya hujan di Pelalawan pada malam hari dan berlanjut ke dini hari. Bahkan BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Riau termasuk Pelalawan. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPekanbaru