Inhu Terendam Banjir, Ratusan Rumah dan Kebun Sawit Warga Batang Gansal Tergenang

oleh -11 views
Camat dan Kapolsek Batang Gangsal meninjau lokasi banjir. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Camat bersama Kapolsek Gansal, Kabupaten Inhu, Riau meninjau banjir yang merendam dua desa. Banjir akibat meluapnya aliran Sungai Gansal.

“Ada dua desa terendam banjir, yakni Desa Belimbing dan Penyaguan. Untuk memastikan kondisi lapangan, Kapolsek Ipda Nadia Ayu Nurlia bersama Camat Elinaryon, Jumat pagi sudah meninjau lokasi,” kata Kapolres AKBP Bachtiar Alponso melalui PS Paur Humas Aipda Misran, Jumat siang.

Dikatakan, hujan lebat yang mengguyur wilayah Inhu sejah Kamis pagi hingga malam membuat debit air Sungai Gansal naik 50-10 cm dan merendam dataran rendah yang ada disekitarnya. Untuk Desa Belimbing, Jumat siang jalan poros desa lebih kurang 500 meter terendam banjir.

Selain itu, perkebunan sawit masyarakat seluas hampir 40 hektare juga terendam dengan ketinggian antara 20-50 cm. Sejauh ini, belum ada rumah warga yang ikut terendam, sehingga belum membuat warga mengungsi.

Sedangkan di Desa Penyaguan, kedalaman air berkisar 20-80 cm dan menggenangi 170 rumah warga. Namun sampai sekarang, masyarakat masih memilih bertahan di rumah masing-masing. Selain rumah, banjir juga menggenangi Mushala Al- Muhajirin.

Kemudian, puluhan meter jalan poros desa juga terendam, termasuk kebun sawit masyarakat seluas hampir 60 hektare.

“Sampai kini, belum ada masyarakat yang mengungsi dan belum ada korban jiwa. Selain camat dan kapolsek, ada Danki I Batalyon C Pelapor Brimob Polda Riau, Iptu Buyung Darmawel, Kepala Desa Penyaguan terpilih, Darmawan dan Kepala BPD Penyaguan serta perangkat desa lainnya ikut mendampingi rombongan. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100