Tekno  

Instagram Mulai Uji Coba Fitur Templates, Buat Reels Makin Mudah

Instagram tengah melakukan uji coba fitur Templates. (Foto: Instagram)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Instagram kini tengah melakukan uji coba fitur baru bernama Templates. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat konten Reels dengan mudah menggunakan format video yang sudah ada.

Fitur Templates ini sudah tersedia untuk segelintir pengguna Instagram dan sedang dalam fase uji coba beta. Sekilas, fitur ini mirip seperti fitur Templates di TikTok yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan video atau fotonya mengikuti preset yang sudah ada.

Reverse engineer Alessandro Paluzzi menemukan versi awal fitur ini Januari lalu. Beberapa bulan kemudian, influencer Josephine Hill sudah menjajal fitur tersebut.

Dari screenshot yang diunggah Hill bulan Maret, lewat fitur Templates ini pengguna bisa memasukkan klip atau fotonya ke frame preset yang sudah ada sekaligus menambahkan audionya sendiri.

Fitur ini tentu akan memudahkan pengguna yang ingin membuat konten Reels yang cukup kompleks, tapi tidak ingin kerepotan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Canva atau mengikuti tutorial online yang rumit.

“Kami selalu mencari cara baru untuk membuat Reels lebih mudah dibuat,” kata juru bicara Meta dalam pernyataan resminya kepada Insider, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (24/4/2022).

“Kami sedang menguji fitur untuk Anda membuat reel menggunakan Template yang sudah ada dari reel lain,” sambungnya.

Uji coba fitur Templates merupakan upaya terbaru Instagram untuk menarik lebih banyak kreator ke Reels. Selain itu, fitur ini juga diharapkan bisa mengatasi salah satu masalah terbesar Instagram yaitu konten repost dari TikTok yang membanjiri Reels.

Tahun lalu, Instagram mengumumkan akan berhenti mempromosikan Reels dengan watermark TikTok. Kebijakan ini akan diperketat setelah Head of Instagram Adam Mosseri mengumumkan akan mengurangi visibilitas konten repost dan mengutamakan konten orisinal. (bsh/dtc)

8 / 100