4.170 Rumah Warga Rohil Kini Sudah Bisa Menikmati Air Bersih

oleh -0 views
Bupati Suyatno menunjukan air bersih kepada gubernur. (Foto: Istimewa)

ROKAN HILIR-Bupati Suyatno mendampingi Gubernur Syamsuar melakukan uji coba Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Durolis yang disalurkan ke 4.170 rumah warga di tiga kecamatan, Kamis (8/4/2021).

Kecamatan yang dialiri adalah Tanah Putih Tanjung Melawan, Bangko Pusako dan Kecamatan Rimba Melintang. Uji coba mengalirkan air sistim PAM dipusatkan di kantor Kecamatan Rimba Melintang.

Gubernur Syamsuar menyebut, sistem SPAM regional Durolis untuk wilayah Rohil sudah tersambung ke 4.170 rumah warga. “Khusus untuk Rokan Hilir sudah tersambung ke 4.170 rumah. Saat ini kita uji coba. Semoga masyarakat menikmati air bersih,” tuturnya.

Dijelaskan. sesuai perjanjian kerjasama antara Kementerian PU dengan Pemprov Riau, Pemkab Rokan Hilir, Bengkalis dan Pemko Dumai, tahun 2021 ditargetkan sudah terealisasi.

“Maksud saya, karena ini sudah selesai untuk Rohil dan sudah melebihi 50 persen dari targetnya 8.000 sambungan, lebih baik ini dicoba dahulu. Mudah-mudahan tidak ada kendala, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan air minum ini dengan sebaik-baiknya,” tukasnya.

Lama Dinantikan Masyarakat
Sementara itu, Bupati Suyatno menyebut, air bersih sudah lama dinantikan masyarakat. “Alhamdulillah, hari ini sudah tersambung 4.170 rumah di tiga kecamatan,” kata Suyatno.

Tahun ini juga akan dibangun 2.000 sambungan ke rumah warga. Target pemerintah pusat dan provinsi sebanyak 8.000 sambungan akan kami penuhi. Dalam hal air bersih, Pemkab Rohil sudah berkomitmen untuk menyalurkan air bersih agar bisa dinikmati seluruh masyarakat.

“Apa gunonyo sungai Rokan yang panjangnya 350 km dari hulu ke hilir. Potensi yang ada ini yang harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

Karena itu, program SPAM Durolis sangat dinantikan masyarakat. Apalagi tidak lama lagi memasuki bulan puasa. Sehingga 4170 masyarakat ini dapat menikmati air bersih. “Sejak dulu di Bagansiapiapi sudah ada water leiding yang pernah dinikmati masyarakat Bagansiapiapi. Namun sekarang tinggal kenangan,” tukasnya.

Suyatno berharap program air bersih bisa sampai ke Bagansiapiapi dan kecamatan lainnya. “Program ini bertahap. Diharapkan semua kecamatan bisa teraliri air bersih,” harapnya. (*)


Sumber: Diskominfotiks