Inhu Raih Juara 3 Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau 2021

oleh -89 views
Piagam penghargaan dari gubernur. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu meraih juara tiga di ajang perlombaan desa wisata tingkat Provinsi Riau.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Parawisata Inhu, H. Kuwat melalui Kepala Bidang Parawisata Lishaizar kepada FokusRiau.Com, Jumat sore mengatakan, Inhu meraih juara tiga dan berhak menerima piagam penghargaan dari Gubernur Syamsuar.

Dikatakan, pada perlombaan desa wisata tingkat Provinsi yang diselenggarakan Dinas Parawisata Riau tersebut, Inhu mengirim Desa Rantau Langsat sebagai perwakilan. Salah satu alasan Desa Rantau Langsat menjadi wakil Inhu adanya wisata alam dan budaya yang masih dipertahankan di desa tersebut.

Wisata alamnya asri dan budaya yang ada memiliki keunikan tersendiri. Desa ini dihuni suku Talang Mamak (suku asli) yang masih hidup secara tradisional.

“Keberadaan suku ini tergolong proto Melayu atau Melayu tua. Berada di hutan penyangga, kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Jaraknya hanya 80 kilometer dari pusat Kota Rengat, Inhu,” urainya.

Di sepanjang aliran sungai, pengunjung akan disuguhi panorama alam yang hijau asri. Terlihat sejumlah batu yang memiliki cerita dan ada juga Gua Harimau yang  lokasinya berada di sekitar Dusun Pengayoman serta masih banyak lagi keindahan alamnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

10 / 100