BKAD Taja Pelatihan Tata Kelola Bumdes Demi Peningkatan Ekonomi Desa

Kecamatan Rengat Barat menggelar pelatihan Bumdes. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Untuk membangun perekonomian masyarakat desa, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Rengat Barat menggelar pelatihan Bumdes di aula kantor Camat Rengat Barat. Pelatihan berlangsung dari Jumat-Sabtu besok dengan narasumber Kejaksaan dan Dinas PMD.

Ketua BKAD Rengat Barat, HS. Iriansuri, Jumat (03/12/2021) menjelaskan, peserta pelatihan pertama kepala desa, Ketua BPD dan pengawas Bumdes 17 desa di Rengat Barat. Sabtu besok, peserta pelatihan adalah pengelolaan Bumdes.

Pelatihan digelar untuk meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dalam pengelolaan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang bersumber dari Pemprov Riau.

“Dengan pelatihan ini, masing masing pemangku kepentingan diharapkan bersinergitas dalam penataan dan pengelolaan Bumdes demi kemajuan desa dan peningkatakan ekonomi masyarakat desa,” tuturnya.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Inhu, Riswidiantoro kala membuka pelatihan mengatakan, ke depan, Bumdes di Inhu bisa menggali potensi desa untuk membangun  ekonomi masyarakat dengan mengelola keuangan yang berasal dari bantuan provinsi.

Riswidianto berharap, ke depan semua pihak bisa sama sama memajukan Bumdes. Seperti Bumdes di Kecamatan Kelayang yang berkembang pesat sampai memiliki omsetnya Rp5,4 miliar. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

9 / 100
banner 325x300