Jaga Ketersediaan Pangan, Pemkab Inhu Bangun Lumbung Pangan Masyarakat

oleh -11 Dilihat
Bupati Rezita usai meresmikan lumbung pangan masyarakat. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Untuk menjaga ketersediaan lumbung pangan di Inhu, Dinas Ketahanan Pangan setempat membangun lumbung pangan masyarakat (LPM) di 10 kecamatan. LPM terdiri dari gabungan kelompok tani atau Gapoktan dengan dukungan sejumlah perusahaan.

Bupati Rezita Meylani kala meresmikan LPM di Kelurahan Air Molek I, Kecamatan Pasir Penyu, Rabu pagi menyatakan, pemerintah terus berupaya melakukan pengembangan LPM dengan memberdayakan masyarakat.

Optimalisasi sumber daya dan penguatan kapasitas kelembagaan harus dikembangkan secara mandiri, berkelanjutan dan berperan secara optimal dalam penyediaan pangan.

“Pembangunan lumbung pangan ini diharapkan bermanfaat untuk masyarakat Inhu umumnya dan Gapoktan khususnya. Semoga program ini berlanjut demi kesinambungan dan kemandirian pangan ke depan,” harap Rezita. 

Ditambahkan, untuk tahun ini Indragiri Hulu mendapat 10 lumbung yang tersebar di 10 kecamatan dengan sumber dana dari dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2021. 

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada sejumlah perusahaan, yakni PT. Tunggal Perkasa Plantations, PT. Seko Indah, PT. Sinar Widita Pratamata, PT. Inecda dan PT. Sawit Jaya Mandiri Lestari atas dukungan dan kontribusi melalui program CSR melakukan perbaikan akses jalan bagi para kelompok tani dan masyarakat. 

Selain peresmian lumbung pangan juga dilakukan penyerahan SK Menteri Pertanian tentang Duta Pertanian Andalan Pembangunan kepada Ridwan Nurbaqin SM. Penyerahan sertifikat petani berprestasi peringkat ke-3 Tingkat Provinsi Riau juga diberikan kepada Acun Basuni.

Saat itu turut diserahkan bantuan dua hand tractor kepada kelompok tani dilanjutkan dengan penandatangan prasasti lumbung pangan Gapoktan Karya Makmur. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

9 / 100