13 Ciri Sakit Jantung Ini Sering Diabaikan, Salah Satunya Tidur Mendengkur

Ilustrasi. Sakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. (Foto: Freepik)

Detak jantung kerap tidak teratur atau cepat
Detak jantung yang tidak teratur atau terlalu cepat juga bisa jadi ciri sakit jantung. Selama ini banyak orang tidak memperhatikan detak jantungnya dan hanya mengukur tekanan darahnya. Jika jantung kerap berdebar kencang atau tidak beraturan, saatnya waspada dan lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sakit perut atau gangguan pencernaan
Banyak penderita penyakit jantung yang merasakan tanda mirip gangguan pencernaan seperti rasa panas dan sakit di dada atau perut bagian atas (heartburn). Hal itu disebabkan letak jantung, tenggorokan, dan perut posisinya saling berdekatan. Jika ada gangguan pencernaan disertai ciri sakit jantung lainnya, segera periksakan diri ke dokter.

Pusing dan pening
Kepala pusing dan pening biasanya muncul karena badan kehilangan keseimbangan atau lemas. Penyebab pusing dan pening lainnya juga bisa berasal dari kurang asupan makanan atau minuman tertentu.

Selain itu, kepala juga bisa pusing dan pening ketika seseorang tiba-tiba berdiri atau beranjak dari posisi tidur dan berdiri. Tapi, Anda perlu waspada apabila kepala tiba-tiba pusing dan pening disertai rasa tidak nyaman di dada dan ciri sakit jantung lainnya. Hal itu bisa berarti tekanan darah turun karena jantung tidak dapat memompa darah dengan normal.

Gampang lelah
Gangguan jantung dapat membuat penderitanya mudah lelah atau kehabisan napas, padahal tidak melakukan sesuatu yang berat. Misalkan naik anak tangga, membawa barang dari dalam rumah ke kendaraan atau jalan kaki agak jauh.

Perubahan fisik gampang lelah ini biasanya tanpa sebab jelas dan terasa ekstrem selama beberapa hari. Ciri sakit jantung mudah lelah ini biasanya dialami wanita.

12 / 100