News, Sport  

Final Piala AFF 2020: Ambisi Indonesia Akhiri Penantian 25 Tahun

Timnas Garuda kembali memasuki partai final. Akankah bisa menghakhiri penantian 25 tahun dan mengjadi juara?. (Foto: Detikcom)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Timnas Indonesia kembali masuk partai final Piala AFF. Tim Garuda akan bertemu rival beratnya sekaligus raksasa Asia Tenggara, Thailand dalam gelaran final 2020.

Berdasarkan jadwal final Piala AFF 2020, leg pertama Indonesia vs Thailand itu bakal dihelat di Singapore National Stadium, Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB. Ini menjadi kesempatan keenam Indonesia untuk merengkuh trofi turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Sebelumnya, pasukan Merah-Putih selalu gagal dalam lima kesempatan final. Indonesia menjejakkan kaki di final setelah menyingkirkan tuan rumah, Singapura dalam dua laga semifinal. Setelah bermain imbang 1-1 dalam leg pertama, Indonesia menang 4-2 pada leg kedua yang penuh drama karena dihiasi tiga kartu merah untuk pemain Singapura.

Sementara Thailand yang berstatus lima kali juara Piala AFF, melangkah ke partai puncak setelah menjegal langkah sang juara bertahan, Vietnam. Thailand menang 2-0 pada leg pertama. Kemudian, tim dengan julukan Gajah Perang ini mampu menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0 pada leg kedua sehingga mereka lolos dengan agregat 2-0.

Memang, rekor Indonesia kurang mentereng di ajang Piala AFF, karena belum pernah menjadi juara. Sudah 25 tahun pasukan Garuda mendambakan trofi tersebut. Kini, impian untuk mengakhiri penantian itu sudah di depan mata karena hanya perlu dua langkah lagi setelah mencapai final.

Dua langkah karena final Piala AFF menggunakan format dua leg. Setelah pertemuan malam nanti, Indonesia dan Thailand akan bersua lagi pada 1 Januari 2022 yang menjadi momen penentuan siapa yang menjadi juara edisi 2020.

12 / 100
banner 325x300