13 Ciri Sakit Jantung Ini Sering Diabaikan, Salah Satunya Tidur Mendengkur

Ilustrasi. Sakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. (Foto: Freepik)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Sedari sekarang, ada baiknya kita semua mengenal ciri-ciri sakit jantung agar bisa segera memperoleh penanganan bila mengalaminya. Penyakit jantung dapat disebabkan infeksi atau kelainan dari lahir.

Ada berbagai jenis penyakit jantung antara lain penyakit jantung koroner, aritmia, gangguan pada otot jantung, infeksi jantung, penyakit katup jantung, sampai penyakit jantung bawaan. Dari berbagai jenis penyakit jantung tersebut, memiliki ciri sakit jantung yang berbeda-beda.

Dalam beberapa kasus, sebagian orang tak menyadari dirinya tengah mengalami ciri sakit jantung. Pasalnya, ciri sakit jantung terkadang mirip dengan masuk angin, gangguan pencernaan, ataupun masalah pernapasan.

Berikut penjelasan mengenai ciri sakit jantung yang kerap diabaikan dan perlu diwaspadai dikutip FokusRiau.Com dari Liputan6.com, Rabu (29/12/2021).

Rasa tidak nyaman di dada
Selain nyeri, rasa tidak nyaman di dada yang jadi ciri sakit jantung juga bisa berupa rasa sesak, dada rasanya seperti ditekan, dicubit, terhimpit, atau terasa panas. Rasa tidak nyaman di dada terkait penyakit jantung umumnya berlangsung lama dan muncul selama beberapa menit.

Ciri sakit jantung ini bisa muncul secara tiba-tiba, baik saat sedang istirahat atau sedang beraktivitas. Jika rasa tidak nyaman di dada hanya berlangsung singkat dan sembuh setelah sumbernya ditekan, bisa jadi hal itu tidak terkait penyakit jantung. Perlu diingat, wanita biasanya tidak mengalami sakit dada saat terkena penyakit jantung.

Nyeri sampai ke lengan
Selain rasa tidak nyaman di dada, ciri sakit jantung lainnya adalah rasa nyeri yang menjalar ke lengan sampai sebagian tubuh sebelah kiri. Rasa nyeri dan tidak nyaman dari dada ini umumnya paling kentara menjalar ke lengan.

Sakit menjalar ke bagian rahang atau punggung
Sakit di bagian tenggorokan atau rahang biasanya terkait nyeri otot, gangguan sinus, atau flu. Tapi, rasa tidak nyaman di bagian dada yang menjalar ke tenggorokan, rahang, sampai ke punggung bisa jadi gejala serangan jantung. Kondisi ini termasuk darurat kesehatan. Segera bawa penderita ke rumah sakit untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

12 / 100