Jelang Pensiun, Walikota Firdaus MT Bawa Pejabat Pemko Pekanbaru ke Mesir

Ilustrasi. Walikota Pekanbaru akan berkunjung ke Mesir. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Menjelang pensiun sebagai Walikota Pekanbaru, DR Firdaus MT berencana plesiran ke Mesir. Bersama rombongan kabarnya terdapat sejumlah pejabat.

Rencana pelesiran Firdaus dengan sejumlah pejabat Pemko Pekanbaru itu dibenarkan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau, Firdaus, Jumat (18/3/2022).

Menurutnya, permohonan izin rencana pelesiran rombongan Walikota Pekanbaru ke Mesir sudah diterima Pemprov Riau, Kamis (17/3/2022) kemarin. Dalam surat permohonan tersebut, tercatat beberapa pejabat yang akan berangkat ke Mesir dalam rombongan yang berjumlah 16 orang.

“Iya, ada (surat permohonan izin Wako Firdaus dan rombongan ke Mesir). Kalau kita di Pemprov ini kan cuma izin administrasi,” ucap Firdaus.

“Walaupun nanti ditandatangani pak Gubernur, tetap yang menyetujui Kemendagri,” tambahnya.

Dari surat permohonan yang terima Pemprov Riau, walikota dan rombongan akan mengunjungi sejumlah tempat di antaranya Cairo Supermarket di Mesir.

Dari surat permohonan juga disebutkan, keberangkatan mereka ke Mesir dibiayani dengan menggunakan APBD Pekanbaru tahun 2022.

Ditambahkan, bla izin plesiran diteken Gubri, bukan berarti Walikota dan pejabat Pemko Pekanbaru bisa langsung bertolak ke Mesir. Karena masih ada dua izin yang harus dilalui, yakni Kemendagri dan Sekretariat Negara RI.

“Masih panjang prosesnya. Nantikan kami meneruskan dulu izinnya ke Kemendagri, setelah disetujui, diteruskan lagi ke Setneg. Kalau salah satunya tak menyetujui, berarti tak bisa. Karenakan sekarang inikan masih masa pandemi Covid-19. Tapi itukan bukan kewenangan kita lagi,” tukasnya.

Pejabat yang Ikut Plesiran
Dilansir dari Tribunpekanbaru.com, surat yang disampaikan ke Pemprov Riau menyertakan daftar nama pejabat yang kebanyakan kepala dinas. Berikut beberapa nama para pejabat Pemko Pekanbaru yang ikut keluar negeri:

  1. Zaini Rizaldy (Kepala Dinas Kesehatan)
  2. Muhammad Firdaus (Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan)
  3. Edi Susanto (Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako)
  4. Ismardi Ilyas (Kepala Dinas Pendidikan)
  5. Akmal Khairi (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)
  6. Heri Susanto (Direktur PT. Sarana Pembangunan Pekanbaru)

Sementara itu, salah satu pejabat yang namanya masuk daftar, yakni Kepala Dinas Pendidikan Ismardi Ilyas mengaku tidak tahu dengan rencana keberangkatan tersebut.

“Kalau saya diperintahkan tentu saya ikut. Tapi saya belum tahu kemana tujuan perjalanan dinasnya,” ujarnya, Jumat (18/3/2022).

Ismardi mengaku tahu dengan rencana perjalanan dinas ke luar negeri itu. Ia menyebut, saat ini belum ada pemberitahuan resmi terkait keberangkatan ke luar negeri. “Katanya saya diikutsertakan, tapi tujuan perjalanan dinas masih belum diberitahu,” tukasnya. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPekanbaru

5 / 100
banner 325x300