News  

Minyak Goreng Telah Kembali di Pekanbaru, Harga Naik Drastis

Ilustrasi. Minyak goreng sudah kembali di sejumlah pusat perbelanjaan dan pasar. (Foto: TribunPekanbaru)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Setelah sempat menghilang beberapa hari pasaran, kini minyak goreng kembali muncul di sejumlah pusat perbelanjaan Pekanbaru, Riau. Ini terjadi setelah Kementerian Perdagangan mencabut kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Saat ini, sejumlah swalayan di Pekanbaru mulai memajang minyak goreng. Namun demikian, harganya sudah naik drastis dari awalnya Rp 14.000 per liter kini menjadi Rp 21.000 per liter. Bahkan, ada juga beberapa pedagang yang menjual di atas harga itu.

“Ini HET dicabut baru ada minyak, tapi harganya naik drastis dari biasa,” ujar salah seorang pembeli, Jumat (18/3/2022).

Menurutnya, pemerintah mestinya membuat kebijakan yang mendukung masyarakat. Sebagai ibu rumah tangga, Desi mengeluhkan kenaikan harga minyak goreng yang cukup drastis.

“Sekarang bawa uang Rp 50 ribu tidak cukup untuk belanja, untuk beli minyak saja sudah hampir habis,” ujar warga Sidomulyo Barat itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menyatakan, pencabutan regulasi HET menjadi mekanisme pasar.

Pihaknya bakal mencari keterangan dari distributor terkait distribusi minyak goreng di ritel dan pasar. “Untuk di pasar tradisional masih belum kita pastikan, masih kita lihat perkembangan beberapa hari ini,” ulasnya.

Ingot menjelaskan, harga minyak goreng saat ini sesuai harga perekonomian. Pasca kebijakan HET minyak goreng sudah dicabut pemerintah pusat. “Jadi kita menanti arahan lanjutan dari Kementrian Perdagangan pasca kebijakan HET dicabut,” tukasnya. (*)


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: TribunPekanbaru

5 / 100
banner 325x300