News  

Tol Pekanbaru-Bangkinang Hari Ini Mulai Difungsikan Untuk Mudik Lebaran

Gubernur Syamsuar bersama Kapolda Irjen Pol Muhammad Iqbal melambaikan bendera tanda pelepasan kendaraan memasuki Tol Pekanbaru-Bangkinang di Desa Sungai Pinang, Selasa (26/4/2022). (Foto: TribunPekanbaru)

KAMPAR, FOKUSRIAU.COM-Ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, Selasa (26/4/2022) pagi resmi difungsikan untuk jalur mudik Lebaran. Sejumlah kendaraan mengantre ingin menjajal ruas tol tersebut.

Di lokasi, sejumlah kendaraan sudah mulai mengantre sebelum pukul 08.00 WIB. Ada kendaraan pemudik dan ada juga yang ingin merasakan sensasi tol pada hari pertama fungsional. “Penasaran mau coba dan lihat-lihat tol, bang,” kata Egi, warga Kampar yang ikut mengantre.

Egi mengaku ingin merasakan tol pertama di kampung halamannya tersebut.

Pengoperasian ruas tol tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Syamsuar didampingi Kapolda Irjen Pol Muhammad Iqbal dan undangan lainnya yang berpusat di akses masuk tol Kilometer 27 Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang.

Usai pengguntingan pita, petinggi daerah itu melambaikan bendera berpola kotak catur saat melepas kendaraan.

Penggunaan jalan tol gratis selama musim mudik. Tol dibuka satu jalur mulai H-7 sampai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Dimana jalur yang dibuka untuk arus mudik dari Pekanbaru menuju Bangkinang.

Sementara kendaraan yang datang dari arah Bangkinang menuju Pekanbaru harus melintasi ruas jalan nasional yang biasa digunakan.

Lalu mulai H+1 hingga H+7, jalur dibuka untuk arus balik ke arah Pekanbaru. Tol ditutup kembali untuk umum, Rabu (11/5/2022) guna persiapan sampai laik operasional.

Selama fungsional, tol hanya dibuka bagi jenis kendaraan roda empat Golongan I terdiri dari kendaraan jenis sedan, jip, pikap atau truk kecil. Bus penumpang belum diizinkan melintasi tol.

Jam fungsional pukul 08.00 sampai 16.00 WIB setiap harinya. Ini sesuai dengan ketentuan dari Polri bagi tol yang masih fungsional.

Tol fungsional membentang sepanjang lebih kurang 31 kilometer. PT. Hutama Karya sedang merampungkan sisa pengerjaan ruas Tol Pekanbaru-Pangkalan seksi Pekanbaru-Bangkinang yang totalnya 40 kilometer. (bsh/trp)

8 / 100