Bupati Sukiman Lepas Jamaah Calon Haji Korpri Rohul dengan Prosesi Tepuk Tepung Tawar

Bupati Sukiman melakukan tepuk tepung tawar. (Foto: Istimewa)

ROKAN HULU, FOKUSRIAU.COM-Bupati Sukiman melepas jamaah calon haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Jamaah yang berangkat merupakan anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Pemkab Rohul, Senin (13/6/2022) di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Pelepasan juga dihadiri Wakil Bupati Indra Gunawan, Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra, Sekretaris Daerah M Zaki, kepala Dinas dan Badan Pemkab Rohul.

Prosesi pelepasan diawali dengan tepuk tepung tawar kepada seluruh jamaah calon Haji Korpri asal Negeri Seribu Suluk. Ini merupakan bentuk doa restu kepada seluruh Calon Jamaah haji agar menjadi Haji yang mabrur.

Bupati Sukiman pada kesempatan itu menyampaikan selamat melaksanakan ibadah haji. “Dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas, semoga pulangnya nanti bapak atau ibu semua sehat selamat dan utamanya menjadi haji yang mabrur,” kata Sukiman.

Orang nomor satu di Rohul itu mengakui, pelepasan jemaah calon haji bagi Korpri merupakan awal dari perjalanan keberangkatan para jemaah calon haji.

“Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, terutama dari ekonomi kesehatan baik fisik maupun mental dan juga tentunya memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah,” ungkapnya.

Diakui, total jamaah calon haji asal Rokan Hulu tahun ini sebanyak 241 jemaah dan 26 jemaah berasal dari pegawai negeri sipil.

“Kami berharap bahwa ibadah haji yang akan saudara-saudara laksanakan hendaknya bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara, para jemaah calon haji juga hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri,” tambah Bupati.

Sebagai informasi, ada 26 orang Jamaah Calon Haji tahun ini dari Korpri Rokan Hulu, 11 di antaranya adalah pria dan 15 orang lainnya adalah wanita. (adv)

8 / 100