Lantik Kades Mahato Periode 2023-2029, Ini Harapan Bupati Sukiman

Kades Fitriadi menandatangani berkas acara pelantikan. (Foto: Istimewa)

ROKAN HULU, FOKUSRIAU.COM-Bupati Sukiman melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa Mahato masa jabatan 2023-2029 yang berlangsung di Balai Pertemuan Kuala Mahato, Rabu (8/3/2023).

Wakil Ketua I DPRD Riau Saparudin Poti, Anggota DPRD Riau Sari Antoni, Ketua TP PKK Peni Herawati Sukiman dan sejumlah pejabat serta kepala OPD Pemkab Rohul juga hadir pada acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Sukiman melantik langsung Firiadi sebagai kepala desa Mahato yang merupakan pemenang pada Pilkades serentak yang berlangsung di 66 desa tanggal 8 Desember 2022.

Sukiman mengatakan, pelantikan ini harus diingat dan dijadikan sebagai momentum sekaligus titik awal untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kepala desa sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan desa merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Semoga saudara dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Mahato,” katanya.

Sukiman juga menjelaskan, sesuai ketentuan maksimal 3 bulan setelah pelantikan kepala desa harus segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) untuk jangka waktu 5 tahun yang ditetapkan dengan peraturan desa (Perdes).

Semua memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program penyusunan, kemudian perancanaan pembangunan harus dilaksanakan secara partisipatif pemerintahan desa yang melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

“Saya berharap, kades Mahato selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat di desanya,” tukasnya.

Sementara itu, Kades Mahato yang baru Firiadi menyampaikan terima kasih kepada bupati yang sudah melantiknya. Dia berjanji akan menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dengan sungguh sungguh dan menjadikan Mahato sebagai desa yang diperhitungkan di masa datang.

Untuk masyarakat Mahato, Firiadi berpesan agar selalu menjaga kekompakan dan tidak ada lagi perbedaan seluruhnya masyarakat desa Mahato. (adv/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *