News  

BMKG Pekanbaru Pantau 942 Titik Panas di Sumatera

BMKG memantau titik panas di Sumatera. (Foto: Antara)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Riau memantau kemunculan 942 titik panas atau hotspot terbaru di wilayah Sumatera, Sabtu (23/9/2023).

“Sebanyak 942 titik panas terpantau di Sumatera. Terbanyak berada di Sumatera Selatan sebanyak 569 titik dan Lampung 299 titik,” kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu A dalam keterangannya, Sabtu (24/9/2023) di Pekanbaru.

Dikatakan, sejumlah hotspot di Sumatera tercatat sebagai berikut Bengkulu 22 titik panas, Jambi 6 titik panas, Lampung 299 titik panas.

Kemudian di Sumatera Barat sebanyak 7 titik panas, Sumatera Selatan 569 titik panas, Bangka Belitung 38 titik panas dan Riau 1 titik yakni di Kabupaten Indragiri Hulu.

Selain itu, BMKG Stasiun Pekanbaru juga merilis prakiraan cuaca di Riau, Sabtu (23/9/2023) hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin, hujan mengguyur Riau pada malam hingga dini hari.

“Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja. Pada malam potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sejumlah wilayah Riau yakni di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru,” katanya.

Pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

“Masyarakat perlu mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Potensi tersebut dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi dan juga Kepulauan Meranti pada malam dan dini hari, ” katanya.

Untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 21.0 – 34.0 °C dengan kelembaban udara 50 – 99 persen sementara arah angin berhembus ke tenggara – barat daya dengan kecepatan 10–30 km/jam. (ant/bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *