Perambah Rusak Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Polda Riau Tangkap Mafia Kayu ‘Anak Jenderal’

oleh -78 views
Tim Ditreskrimsus Polda Riau menemukan kayu-kayu yang dirambah dari kawasan Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (16/11/2021). (Foto: Dok. Polda Riau)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Jajaran Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menangkap mafia perambahan kayu kawasan hutan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil di Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (16/11/2021).

Polisi juga menyita ratusan tual kayu berbagai jenis usai ditebang dari hutan lindung dan dibawa melalui jalur sungai.

Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengungkap, kayu-kayu yang dijarah ternyata milik seorang mafia kayu bernama Mat Ari alias Anak Jenderal. Mafia kayu itu kini sudah digelandang ke kantor polisi.

“Benar, kita gulung komplotan illegal logging di Sungai Mandau di Teluk Nibung dan juga Sungai Linau. Komplotan mafia kayu ini dipimpin pelaku bernama Mat Ari alias Anak Jenderal,” ungkap Agung melalui keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2021).

Dijelaskan, Mat Ari alias Anak Jenderal ditangkap tim Ditreskrimsus Polda Riau dibantu anggota Satuan Brimob Polda Riau.

Operasi penangkapan dilakukan usai sehari sebelumnya pihaknya melakukan patroli udara dan menemukan aktivitas illegal logging di kawasan hutan lindung tersebut.

“Ini komplotan pimpinannya Mat Ari alias Anak Jenderal. Itu adalah lokasi yang kemarin saya lihat saat patroli udara. Kayu illegal logging dihanyutkan ke sungai oleh kelompok Mat Ari alias Anak Jenderal,” kata Agung.

Dia memastikan, polisi menindak tegas pelaku perusak hutan tersebut. Penindakan itu tidak hanya sampai ke pekerja, tapi dipastikan akan membongkar sampai ke pemodal.

9 / 100