Jelang Natal dan Tahun Baru, 4 Posko Penyekatan Dibangun di Perbatasan Inhu  

Ilustrasi. Petugas Satlantas dan timgabungan melakukan pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan keluar masuk Inhu. (Foto: Istimewa)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, Tim Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Inhu mulai memperketat pengawasan protokol kesehatan atau prokes. Selain itu, empat titik posko penyekatan di perbatasan Inhu mulai didirikan.

Sekdakab Hendrizal kepada FokusRiau.Com, Senin (29/11/2021) mengatakan, untuk mencegah klaster baru Natal dan Tahun Baru akan dibentuk empat posko penyekatan, Desember nanti.

Posko dibangun pada daerah perbatasan Inhu, seperti di Kecamatan Batang Peranap, Lirik, Batang Gansal dan Kuala Cinaku. “Secara teknis, nanti kita serahkan kepada kapolres,” katanya.

Hendrizal menegaskan, Inhu kini berada pada level II dan terjadi kelonggaran dalam aktivitas masyarakat. Tetapi hasil rapat dengan Kapolri dan Kapolda, beberapa waktu lalu, kapolri nenekannya pentingnya memperketat pengawasan menjelang Natal dan Tahun Baru untuk pencegahan klaster baru.

Bahkan, seluruh RT dan RW akan dilibatkan melakukan pengawasan terhadap warganya serta melakukan pendataan warga yang belum divaksinasi. Karena warga yang akan keluar daerah wajib memenuhi aturan dan harus mengantongi surat rekomendasi RT.

Kapolres AKBP Bachtiar Alponso menyampaikan, dari pengalaman Natal dan Tahun Baru lalu terjadi lonjakan kasus Covid 19. Karena itu, pihaknya akan melakukan pengawasan dan pengamanan di seluruh gereja yang menyelenggarakan natal.

“Mereka yang akan masuk gereja diperiksa barang bawaanya, seperti tas dan harus menggunakan prokes. Begitu juga tempat wisata akan dijaga. Setiap pengunjung keluar masuk akan diperiksa dan dibatasi sesuai prokes,” tukasnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

10 / 100
banner 325x300