Membangun Kembali Seni Budaya, Disdikbud Inhu Gelar Pertunjukan Musik Tradisional

oleh -14 Dilihat
Sanggar Karamel sedang menampilkan seni musiknya. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Inhu, Riau menggelar pertunjukan seni musik tradisional dengan menampilkan sanggar karamel di wisata Danau Meduyan, Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Minggu (19/12/2021).

Plt Kepala Disdikbud melalui Kabid Kebudayaan, Syahfruddin usai membuka gelaran musik tradisional mengatakan, kegiatan ini untuk mewujudkan visi dan misi bupati membangunan seni budaya dan wisata Inhu.

“Kemarin kita sudah menampilkan musik tardisional di Danau Raja, untuk pelestarian dan pengembangan seni budaya. Kini gelaran berlangsung di Danau Meduyan dengan menampilkan alunan musik talang mamak dan musik tradisional Inhu,” ujarnya.

Pergelaran musik tardisional yang dilakukan di tempat wisata tersebut juga untuk menarik masyarakat berkunjung ke wisata. “Kita berharap ada dukungan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kota Lama agar seni dan budaya Inhu bisa terus ada dan berkembang,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Inhu, Kuwat Widiyanto melalui Kasi Destinasi Pengembangan Parawisata, Elianora mengatakan, untuk meningkatkan wisata di Inhu tidak terlepas dari peran semua pihak.

“Pagelaran musik tradisional kali ini untuk menarik wisatawan ke Danau Meduyan. Hal ini cukup berhasil. Saat ini pengunjung mulai meningkat,” tuturnya.

Kepala Desa Kota Lama, Herman menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Inhu yang sudah menggelar seni tradisional sanggar Karmel di Desa Meduyan.

Acara ini bukan hanya memajukan seni budaya dan wisata saja, tapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Karena banyaknya pengunjung akan menambah pendapatan masyarakat, terutama masyarakat yang berjualan di areal wisata,” ujar Herman. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100