BKAD Sungai Lala Inhu Belajar Mengolah Ikan Patin ke Kampar

BKAD Inhu memperoleh penjelasan tentang pengolahan ikan patin. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Badan Kerja Antar Desa (BKAD) Kecamatan Sungai Lala, Kabupaten Inhu, Riau, Minggu (26/12/2021) menggelar kunjungan kerja ke Kampung Patin Koto Masjid, Kabupaten Kampar.

Rombongan dipimpin Camat Sungai Lala, Elpahri Adha didampingi Ketua BPD se Sungai Lala dan Direktur Bumdes Sungai Lala dan kepala desa di Sungai Lala.

Elpahri Adha mengatakan, rombongan studi banding ke sentra perikanan dan olahan hasil perikanan diterima langsung Kades Koto Masjid dan Direktur Bumdes Kampar.

Rombongan berkesempatan melihat langsung proses pembuatan ikan salai yang diproduksi Bumdes dengan kapasitas 12 ton setiap harinya. Selain itu, rombongan juga diperlihatkan cara membuat nugget dari ikan patin, termasuk pembuatan kerupuk kulit ikan patin dan bakso abon patin.

“Sehari terjadi perputaran uang atau pergerakan ekonomi dari olahan ikan patin sekitar Rp220 juta,” ujarnya.

Elpahri berharap, kunjungan kerja dapat pelajaran penting tentang pengolahan produk ekonomis dari bahan baku ikan patin.

“Kita berharap dapat pelajaran berharga dari kunjungan ini. Karena Inhu juga memiliki bahan baku ikan patin yang bisa diolah seperti di Kampar. Sehingga roda ekonomi masyarakat juga berputar,” ujarnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100