Jembatan Siambul di Batang Gangsal Inhu Ambruk Akibat Abrasi, Ratusan Warga Sulit Beraktivitas

oleh -19 Dilihat
Abrasi membuat jembatan Siambul ambruk. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Jembatan penghubung di Desa Kampung Baru Siambul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu, Riau, malam tadi ambruk. Akibatnya, aktifitas ratusan warga desa setempat menjadi sulit dan terancam terisolasi.

Anggota DPRD Inhu dari daerah pemilihan II, Suparman kepada FokusRiau.Com, Sabtu (25/12/2021) menjelaskan, jembatan tersebut memiliki rangka besi dengan alas kayu sepanjang 15 meter dan membentang di atas sungai.

“Jembatan itu ambruk akibat hantaman air sungai yang meluap karena hujan deras. Derasnya arus air menyebabkan abrasi dan menggerogoti tiang penyangga jembatan,” ujarnya.

Dari laporan warga, kata Suparman, ambruknya jembatan membuat akses warga dari dan keluar desa menjadi terputus.

Selama ini, jembatan itulah satu satunya akses warga untuk keluar dan masuk desa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

“Jembatan itu juga digunakan warga untuk mengangkut hasil pertanian dan kegiatan lainnya. Kini, akses warga sudah putus. Kami berharap, Pemkab Inhu memberikan perhatian serius dalam bentuk solusi. Sehingga masyarakat Desa Kampung Baru Siambul tidak terisolir,” ungkap Suparman. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100