Hujan Lebat Masih akan Guyur Inhu, 171 KK di Desa Penyaguhan Terdampak Banjir

Kepala Stasiun Meteorologi Klas III Japura, Slamet Riyadi. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Klas I Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru memprakirakan, hujan lebat disertai petir akan mengguyur sejumlah wilayah Indragiri Hulu sampai akhir pekan nanti.

Demikian disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Klas III Japura, Kabupaten Inhu Slamet Riyadi Kepada FokusRiau.Com, Senin (27/12/2021). Menurutnya, secara keseluruhan, pada bulan Desember angin baratan dari bagian selatan memberikan kontribusi hujan di wilayah Indonesia.

“Termasuk di wilayah bagian sumatera maupun Riau dan Kabupaten Inhu. Sehingga dalam seminggu ke depan, diprediksi terjadi hujan lebat disertai petir,” katanya.

Dikatakan, malam nanti diprediksi wilayah Inhu hujan tinggi, termasuk di bagian hulu daerah Sumbar akan turun hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Untuk itu, masyarakat Inhu diminta selalu waspada, khususnya masyarakat yang berdomisili di daerah pinggiran sungai. Karena pada bagian hulu daerah Sumatera Barat, hujan sangat tinggi yang bisa memicu debit air ke wilayah hilir Inhu. 

Sementara itu, Kepala Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal Marwan mengatakan, pagi tadi turun hujan lebat. “Kini hujan sudah mulai reda, namun cuaca masih mendukung,” ujarnya.

Dikatakan, akhir akhir ini hujan deras kerap mengguyur Batang Gansal, khususnya Desa Penyagugan Dusun IV. Akibatnya, rumah warga terendam banjir akibat luapan Sungai Batang Gansal. “Air dengan ketinggian 80 centimeter menggenangi pekarangan rumah warga. Bahkan ada rumah warga yang sudah dimasuki air dengan ketinggian mencapai 50 centimeter,” tuturnya.

Kini sekitar 171 kepala keluarga telah terdampak banjir. “Kita minta Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu untuk memberikan bantuan bagi masyarakat yang terkena banjir. Karena sebagian masyarakat sudah ada yang mengungsi ke tempat keluarganya,” tukasnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

10 / 100