Rohil Kembali Gelar Festival Lampu Colok, Sempat Tertunda Akibat Covid 19

Rohil kembali menggelar festival lampu colok. (Foto: MCR)

ROKAN HILIR, FOKUSRIAU.COM-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kembali menggelar festival lampu colok pada Ramadan tahun 2022. Festival dimaksudkan untuk melestarikan budaya Melayu Rohil yang rutin dilaksanakan setiap bulan puasa.

“Setelah absen akibat pandemi Covid-19, festival lampu colok bisa digelar kembali pada Ramadan ini. Pemkab menyerahkan festival keindahan lampu colok pada malam 27 Ramadan tersebut ke kecamatan. Setiap kecamatan akan melakukan penilaian untuk tingkat kelurahan dan kepenghuluan,” kata Wakil Bupati Sulaiman, Sabtu (16/4/2022) di Bagan Siapiapi.

Panitia penilaian tingkat kecamatan sudah dibentuk. “Pemenangnya nanti akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, piala bergilir, tetap dan penghargaan,” kata Sulaiman.

Dia berharap, tradisi melayu ini dapat diteruskan turun-temurun sebagai kearifan lokal hingga anak cucu.

“Festival ini mendapatkan dukungan penuh pemerintah, khususnya bapak bupati. Semoga festival berjalan lancar. Kita tetap menerapkan prokes saat pelaksanaan,” imbuh Sulaiman.

Untuk Bagan Siapiapi, menurut Sulaiman, sebagai ibukota Kecamatan Bangko dan pusat pemerintahan Rohil, tentunya festival lampu colok bisa lebih semarak.

Plt Camat Bangko Aspri Mulya mengaku, sudah membentuk panitia pelaksana festival.

“Untuk Kecamatan Bangko mengusung temanya Kecamatan Bangko Toang (Terang). Bagi yang mau ikut, pendaftaran dibuka dari 14-22 April 2022. Dengan ketua panitianya Despri Purba dan Sekretaris Syafrizal,” tukasnya. (bsh/mcr)

6 / 100
banner 325x300