Inhu Diguyur Hujan Deras, Sempat Meluap Kini Air Sungai Indragiri Kembali Surut

Banjir di kawasan Sungai Akar, Inhu beberapa waktu lalu. (Foto: HaluanRiau)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Hujan dengan intensitas tinggi melanda sejumlah wilayah Indragiri Hulu, Riau, sejak beberapa hari terakhir. Akibatnya, Senin (25/4/2022) air Sungai Indragiri meluap.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian S.Sos mengatakan, sejak beberapa jam terakhir air sungai sudah mengalami penyusutan. “Sungai Indragiri sempat meluap, namun kini sudah mulai mengalami penyusutan,” katanya.

Selain itu, hujan deras di Kecamatan Lubuk Batu Jaya juga menimbulkan genangan air di kawasan Jalan Lubuk Batu Jaya (LBJ). Salah satu lokasi desa yang tergenang air di Desa Sei Beras-beras.

Namun demikian, menurut Ergusfian, genanagan air yang ada masih bisa dilalui kendaraan dan belum mengganggu aktivitas masyarakat.

Dikatakan, musim hujan diprediksi masih akan terjadi sampai pertengahan Mei mendatang. Dengan demikian, Ergusfian mengimbau warga yang tinggal di pinggir Sungai Indragiri untuk waspada terhadap luapan air sungai yang bisa datang kapan saja.

“Masyarakat di sepanjang pinggiran Sungai Indragiri diminta untuk waspada. Karena luapan air sungai bisa datang kapan saja. Bila hujan deras berlangsung cukup lama, warga diminta waspada,” tukasnya. (bsh/trp)

8 / 100