News  

Kondisi Jalan Lintas Padang-Pekanbaru H-3 Lebaran Ramai Lancar

Pantauan arus mudik di Sicincin, Padang Pariaman. (Foto: Liputan6.com/ Novia Harlina)

PADANG, FOKUSRIAU.COM-Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022, kepadatan jalan lintas Padang menuju Riau sejak siang hingga malam hari terpantau ramai lancar.

Siang hari, ruas jalan dari arah Padang-Bukittinggi dan sebaliknya, tepatnya di kawasan Sicincin memang terjadi peningkatan kendaraan. Namun, tidak ada titik macet yang berarti.

Kemudian sore hari di Kota Padang, Padang Panjang juga tidak terdapat titik kemacetan. Selanjutnya di Bukittinggi, bus angkutan lebaran 2022 juga terlihat ramai di terminal Aur Kuning.

Salah seorang pemudik dari Pekanbaru, Andi (37) mengatakan, sejak dari Pekanbaru memang tidak ada kemacetan berarti dan jalanan ramai lancar. “Kendalanya mungkin masih terdapat sejumlah ruas jalan yang rusak atau berlubang,” ujar Andi dikutip FokusRiau.Com dari liputan6.com, Jumat (29/4/2022).

Ia mengaku sudah dua tahun tidak mudik Lebaran, sehingga tahun ini, dia sangat bersemangat untuk merayakan hari kemenangan di kampung halamannya di Kota Bukittinggi.

1,8 Juta Pemudik Sumbar
Sebelumnya, sebanyak 1,8 juta pemudik diprediksi akan pulang ke kampung halaman di kabupaten dan kota Sumatera Barat pada momen Lebaran 2022 ini.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut para perantau. Sebagian besar pemudik juga diperkirakan akan menggunakan jalur darat.

“Iya kita sudah lakukan persiapan untuk menyambut para pemudik terutama untuk jalur darat,” kata Mahyeldi, Senin (25/4/2022).

Mengingat tingginya arus lalu lintas saat mudik, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan perbaikan jalan, terutama untuk jalan nasional.

Kesiapan jalan nasional untuk dilalui pemudik, kata Mahyeldi, itu 80 persen. Jalan di perbatasan seperti Sumbar-Riau dan Sumbar-Bengkulu saat ini sudah bagus. Namun, Mahyeldi tak menampik bahwa masih ada beberapa titik terdapat jalan berlubang.

Kemudian untuk jalan provinsi juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas PU Sumbar agar merapikan jalan dan memperbaiki kerusakan. “Termasuk pinggir-pinggir jalan yang rusak itu juga sudah kami minta untuk diperbaiki,” tukasnya. (bsh/lec)

6 / 100
banner 325x300