News  

Soal Panas Ekstrem Bikin Meleleh, Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi panas ekstrim. (Foto: Shutterstock.com/Morgar)

PEKANBARU, FOKUSRIAU.COM-Wilayah Indonesia dikabarkan mengalami cuaca ekstrem ‘panas meleleh’ pada hari ini, Selasa (11/4/2023). Informasi tersebut beredar di media sosial seperti facebook.

Salah satu akun Facebook Zona Pengetahuan Random menyebut, sinar ultraviolet mulai menggila pada pukul 09.00. Wilayah timur berstatus sangat bahaya.

Sementara wilayah tengah hingga barat mulai intens terkena sinar ultraviolet. Akun itu juga menyebut, puncak panas ekstrem terjadi pada pukul 10.00 sampai 13.00.

“Sinar ultraviolet akan kembali normal pada pukul 16.00 WIB hingga malam hari,” tulis akun tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merespons informasi cuaca ekstrem yang beredar di media sosial tersebut.

Kepala Sub Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Ida Pramuwardani menjelaskan, suhu panas di wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir memang terus meningkat. Namun, narasi yang beredar di media sosial saat ini kurang tepat.

“Suhu yang tercatat hingga hari kemarin mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya,” kata Ida, Selasa (11/4/2023).

Disebutkan, suhu maksimum yang tercatat di wilayah Indonesia antara 33-36 derajat Celcius. Suhu tertinggi terjadi kemarin yang tercatat di Stasiun Meteorologi Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur sebesar 36,0 derajat Celcius.

Diungkapkan, penyebab suhu di wilayah Indonesia terus meningkat. Menurutnya, bulan April, posisi semu matahari masih ada di sekitar dekat ekuator dan menunjukkan fase gerak semu ke utara hingga Juni nanti.

Kondisi ini berdampak pada penyinaran matahari lebih optimum ke wilayah Indonesia. Sementara itu, di beberapa wilayah juga menunjukkan kondisi cuaca yang umumnya cerah berawan pada pagi hingga siang hari.

“Hal ini berarti kondisi perawanan yang bisa menghalangi sinar matahari relatif kurang. Kondisi tersebut dapat memicu suhu yang cukup terik di wilayah Indonesia selatan ekuator terutama pada siang tengah hari,” ulasnya dikutip FokusRiau.Com dari merdeka.com.

Cara Hadapi Cuaca Panas Menyengat
Ida menyebut, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan masyarakat dalam menghadapi cuaca panas menyengat. Pertama, hindari berada di luar ruangan yang terpapar langsung sinar matahari.

Kedua, bila diperlukan gunakan lotion pelindung kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

“Jika bepergian gunakan payung untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari secara langsung,” tukasnya. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *