Wabup Indra Gunawan Ajak Masyarakat Rohul Bahu Membahu Sukseskan Pembangunan

Wapub Indra Gunawan memimpin upacara HUT Riau. (Foto: Istimewa)

PASIR PENGARAIAN, FOKUSRIAU.COM-Wakil Bupati Indra Gunawan memimpin upacara Peringatan Hari jadi Provinsi Riau ke 65 tahun 2022, Selasa (9/8/2022) di Halaman Kantor Bupati.

Upacara turut dihadiri Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito, Danramil Rambah, Kemenag Rohul, Kepala Dinas dan Badan dan sejumlah tokoh.

Peringatan HUT Provinsi Riau ke 65 kali ini megusung tema ”Riau Unggul” dan terasa berbeda dari tahun sebelumnya.

Wabup membacakan sambutan Gubernur mengajak masyarakat merunut ke belakang. Sejarah panjang telah mengantarkan Riau sampai ke usia 65 tahun. Cikal bakal berdirinya Provinsi Riau tidak terlepas dari tonggak sejarah dengan diselenggarakannya kongres pemuda pada 17 Oktober 1954.

Dimana kongres yang digelar di Pekanbaru tersebut merupakan sebuah puncak kebulatan tekad seluruh masyarakat Riau untuk menentukan masa depannya.

Kongres ini juga menghasilkan kesepakatan dan tekad untuk menjadikan Riau sebagai Provinsi mandiri, berdiri di atas marwah dan kedaulatannya sendiri.

Berbekal dari hasil kongres tersebut, utusan masyarakat Riau datang menghadap Menteri Dalam Negeri dengan hasrat mulia, memberikan sesuatu yang terbaik bagi “negeri melayu” dengan menyampaikan kebulatan tekad untuk membentuk Provinsi Riau.

Tanggal 9 Agustus 1957, Presiden Soekarno di Denpasar Bali kemudian menandatangani Undang-undang Darurat Nomor 19 tahun 1957 yang kemudian diterbitkan Undang-undang Nomor 61 tahun 1958.

Tahun ini, Presiden Joko Widodo tanggal 25 juli 2022 telah menandatangani Undang-undang Nomor 19 tahun 2022 tentang Provinsi Riau. Dimana Undang-undang tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan daerah saat ini.

Kini, kata Indra, Riau menjadi salah satu pusat perekonomian di Sumatera. Pesatnya pembangunan di Riau telah dirasakan bersama.

Ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik, yakni sebesar 4,88 persen pada triwulan II tahun 2022.

Untuk realisasi investasi, Riau berhasil meraih peringkat ke 5 nasional dengan nilai investasi tahun 2021 sebesar Rp53,02 triliun.

“Alhamdulillah, realisasi investasi sampai dengan triwulan II medio Januari-Juni 2022 telah mencapai 73,41 persen dari target Rp60,46 triliun dengan realisasi investasi Rp44,4 triliun dan serapan tenaga kerja sebanyak 32.385 orang,” ujar Indra.

Keunggulan Riau juga dapat dilihat dari produk domestik bruto (PDRB) terbesar kelima di Indonesia atau terbesar pertama di luar Jawa dengan kontribusi sebesar 5,22 persen terhadap PDB Nasional.

Dikatakan, kemajuan ekonomi juga didukung dengan pertumbuhan ekonomi syariah dan keuangan syariah di Riau, sejalan perkembangan perubahan Bank Riau Kepri menjadi bank Riau Kepri Syariah. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2021 sebesar 72,94 poin dengan kategori tinggi atau peringkat ke tujuh nasional.

“Kami terus mengajak masyarakat di Rohul khususnya untuk bahu membahu berkolaborasi mendukung program pembangunan demi kemajuan Riau umunya, dan Rokan Hulu khususnya,” ajak Indra.(Adv/Pemkab Rohul)

8 / 100