News  

Pasca Erupsi, Jalur Pendakian Gunung Kerinci Kembali Dibuka

Gunung Kerinci, Jambi. (Foto: Antara/Wahdi Septiawan)

KERINCI, FOKUSRIAU.COM-Jalur pendakian Gunung Kerinci, Jambi kembali dibuka, setelah terjadi erupsi beberapa bulan lalu. Pengumuman itu tertuang dalam surat edaran yang diterbitkan, Senin (8/5/2023).

Balai Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) mengeluarkan pengumuman nomor PG455/T.1/BIDTEK/KSA/5/2023 tentang Pembukaan untuk Tujuan Wisata/Pendakian Kawasan Wisata Alam Gunung Kerinci.

Kepala Pengawasan Balai Besar TNKS Wilayah 1 Kerinci Nurhamidi menyampaikan, pembukaan jalur pendakian ini dilakukan, karena Gunung Kerinci sudah terbilang aman untuk sementara waktu.

“Sudah buka karena sudah aman. Pihak TNKS, membuka kawasan wisata alam Gunung Kerinci untuk tujuan wisata dan pendakian. Akan tetapi harus waspada karena kondisi gunung kerinci masih level II,” kata Nurhamidi, Senin (8/5/2023).

Balai TNKS juga mengimbau para pendaki Gunung Kerinci tidak mendekati kawah gunung tersebut. Para pendaki harus mengikuti aturan yang berlaku demi keselamatannya. “Karena masih ada risikonya,” tuturnya.

Sesuai hasil pengamatan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Kerinci pada tanggal 17 Januari hingga 25 Februari lalu, aktivitas Gunung Api Kerinci mengalami penurunan.

Sekitar gunung itu cuacanya cerah, tidak ada angin kencang, hembusan asap sulvatara nihil, lalu tidak terjadi gempa dalam maupun dangkal.

“Kita juga terima laporan badan pihak geologi pusat vulkanologi, dan pihak mitigasi bencana geologi. Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat akan terus melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan aktivitas gunung kerinci,” tukasnya. (bsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *