Inovasi PKK Desa Kota Lama Inhu Saat Pendemi, Terus Berjuang di Tengah Keterbatasan

Bupati Rezita (kanan) menyaksikan salah satu kerajinan PKK Desa Kota Lama. (Foto: Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU, FOKUSRIAU.COM-Pandemi Covid 19 memaksa masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah atau keramaian. Meski demikian, PKK Desa Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau berhasil berinovasi demi meningkatkan pendapatan.

Sejumlah kerajinan dari anggota PKK dihasilkan dan diyakini bakal diminati masyarakat. Saat kunjungan gubernur ke desa wisata Meduyan Kota Lama, Senin (13/12/2021), PKK setempat mempromosikan hasil kerajinanya.

Ketua PKK Desa Kota Lama, Miswati mengatakan, pesan gubernur, PKK harus terus berkarya demi menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Ini menjadi motivasi kami ke depan,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk mengembangkan kerajinan anggotanya, Miswati mengaku terkendala dengan minimnya peralatan dan pemasaran. Salah satunya kerajinan membuat piring rumah tangga dari lidi sawit yang masih dilakukan secara manual.

“Kalau ada alatnya tentu akan mempercepat perkembangan usaha tersebut.

Untuk pemasaran, selama ini dilakukan hanya pada acara pemerintahan dan masih sangat terbatas. Kalau bisa, pemerintah ikut membantu mempromosikan usaha ini sampai keluar daerah,” harapnya.

Begitu juga dengan kerajinan tempat tisu menggunakan bahan plastik bekas kopi luak. “Bahannya dari limbah plastik. Dari pada terbuang, kami manfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai lebih,” tukasnya. (*)

Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta

5 / 100